Kunjungan Tim Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ke SMK Negeri 2 Subang

Pada tanggal 24 - 25 Juli 2017 Tim Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kunjungan lapangan ke SMK Pelayaran yaitu  SMK Negeri 2 Subang dan SMK Negeri 1 Mundu. Kunjungan ke SMKN 2 Subang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2017. 

Kunjungan tersebut adalah untuk meninjau dan berdiskusi langsung dengan pengelola Satuan Pendidikan dan stakeholder lainnya, sebagai bahan masukan dalam dalam perumusan kebijakan, khususnya terkait dengan percepatan implementasi Instruksi Presiden  No. 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Tim Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan disambut oleh seluruh Taruna Pelayaran yang berbaris rapi di sepanjang jalan sebagai rasa hormat dan dengan rasa bangga Taruna SMK Negeri 2 Subang atas kedatangan Tim Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunjungan dimulai dengan berkeliling melihat fasilitas dan ruang praktek beserta peralatan yang telah dimiliki oleh Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Nautika Kapal Niaga (NKN) dan Teknika Kapal Niaga (TKN). Kunjungan dilanjutkan dengan diskusi antara Tim Manajemen SMK Negeri 2 Subang , Tim Kementrian Koordinator Kemaritiman , Tim Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta perwakilan dari pihak Industri yang bekerja sama dengan Kompetensi Keahlian NKPI,NKN dan TKN. Pada diskusi ini disampaikan apa saja prestasi yang telah dicapai oleh SMK Negeri 2 Subang dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pemenuhan 8 SNP serta standar IMO (STCW 1978 Amandemen 2010). Hingga saat ini Kompetensi Keahlian NKN dan TKN telah mendapatkan approval (pengesahan ) dari Direktorat Perkapalan dan Kelautan. Approval merupakan persyaratan wajib sebuah  Sekolah/ Lembaga Diklat Kepelautan Tingkat IV.  Jumlah Lembaga Diklat Pelayaran berjumlah 132  di Seluruh Indonesia dan baru 8 Lembaga Diklat yang mendapatkan Approval termasuk SMKN 2 Subang.

Semoga dengan adanya kunjungan ini , dalam rangka mensukseksan program Revitalisasi SMK dapat meningkatkan mutu pendidikan SMK di Indonesia.